Bagian Bagian Penyusun Komputer

Untuk saat ini, komputer bukan lagi barang mewah. Karena komputer sudah menjadi kebutuhan yang sangat membantu dalam kegiatan manusia. Mulai dari ngetik, bermain game, browsing internet sampai dengan pekerjaan yang khusus yang menggunakan komputer misalnya komputasi data.

Untuk lebih mengenal komputer khususnya komputer pribadi, maka ada baik mengenal terlebih dahulu komponen-komponen yang menyusun sebuah komputer PC, khususnya komponen yang disebut dengan perangkat keras atau hardware dan perangkat lunak atau software.


Pengenalan Hardware dan Software

·         Perangkat Keras ( Hardware )
Definisi dari Hardware yaitu Perangkat keras komputer yang terlihat dalam sistem komputer.Pada dasarnya hardware komputer itu tersusun atas empat bagian komponen yaitu processor, memory, prepheal, system penghubung. Dengan demikian, komponen-komponen penyusun komputer PC juga tidak akan lepas dari keempat jenis komponen tersebut.  Hanya saja nama-nama komponen penyusunnya berbeda-beda.

1.      Motherboard
Komponen induk dari sebuah komputer ini memegang peran yang sangat penting dalam stabilitas kinerja komputer, di bagian inilah seluruh komponen lainnya terpasang dan saling berkomnukasi antar bagian disini juga pengaturan seluruh kinerja komputer diatur, spesifikasi motherboard sangat berpengaruh terhadap ketahanan memproses sebuah komputer, terutama bagi gamers ataupun designer yang lebih mengutamakan akselerasi.

2.      Processor
Komponen yang satu sering kali di ibarat dengan otak sebuah komputer, sesuai namanya processor adalah komponen yang bertugas memproses perintah dan logika yang diberikan oleh operator komputer, banyaknya jenis processor yang ada sebanding dengan software yang berkembang dipasaran kerena dituntut untuk dapat melakukan banyak perkerjaan salam satu waktu terkadang pemilihan processor yang kita gunakan harus tepat, karena jika sampai salah pilih akan berimbas pada lambatnya proses kerja sebuah komputer yang pasti berimbas langusng pada pekerjaan pengguna komputer.

3.      Memory atau RAM (Random Access Memory)
Memory atau ram ini adalah bak penampung sementara yang berfungsi menampung data yang telah terproses oleh processor sebelum di alirkan kebagian-bagian yang membutuhkan, banayknya pengembangan yang dilakukan pada bagian ini membuat kita lebih mudah dalam pemilihan ram yang cocok untuk pekerjaan kita, apalagi sekarang hampir semua merk menerapkan sistem garansi lifetime pada ram.

4.      Video Card (VGA)
Fungsi dari Video card adalah mengolah gambar sebelum ditampilkan ke monitor, banyaknya kebutuhan pengolahan gambar bagi gamers atau designer yang mengharuskan merogoh kantong yang agak dalam, beruntung sekarang bagi pengguna komputer kantor video grafis sudah terintegrasi dalam motherboard sehingga lebih menghemat pengeluaran.

5.      Hardisk
Fungsi hardisk sebagai media penyimpanan data pada komputer, kapasitas yang benar tentu saja berpengaruh terhadap jumlah data yang dapat kita simpan, ditambah lagi buffer yang besar akan membantu kecepatan transfer baik antar hardisk ataupun untuk proses suatu program. Fungsi lain dari hardisk untuk penyimapanan data yang bersifat mobile dengan sedikit penambahan casing pada hardisk laptop.

6.      Optical Disk Drive (ODD)
Fungsi utama untuk pembacaan pada media CD ataupun DVD, memang secara fungsi sekarang kurang diminati karena banyaknya media penyimpanan yang bersifat mobile dan berkapasitas lebih besar daripada CD, DVD ataupun Blueray yang dapat diakses langsung tanpa menggunakan CD atau pun DVD.

7.      Monitor
Monitor berfungsi untuk menampilkan gambar dari video card, LCD mungkin lebih banyak daripada monitor tabung (CRT) selain kebutuhan listrik yang relatif ebih kecil dan hemat, kebutuhan ruang yang relatif kecilpun menjadi poin penting transisi dari CRT ke LCD, meskipun masyarkat banyak yang beralih ke LCD, beberapa profesi seperti design ataupun layout lebih bertahan di monitor CRT.

8.      Mouse + Keyboard
Dua item diatas berfungsi sebagai input sebuah komputer, tidak banyak yang bisa saya gambarkan pada bagian ini, hanya kenyamanan tangan dan jari yang mungkin menjadi pion penting kita sebelum membeli bagian ini.

9.      Casing dan Power Supply
Casing dan power supply biasanya satu paket dalam komputer, yang berfungsi sebagai rumah komputer dan sebagai penyedia listrik yang yang akan dialirkan pada seluruh bagian komputer. macam-macam bentuk dan model casing yang ada sering kali dapat menipu analisa kita tentang komputer yang bagus atau bandel karena sudah sifat manusia lebih cenderung melihat dari sampulnya sebelum bertanya isinya.
Sedikit penjelasan di atas dapat membantu menambah pengetahuan kita tentang bagian penyusun komputer ( Hardware ) dan fungsi dari bagian-bagian tersebut.



·         Perangkat Lunak ( Software )
Definisi dari Software yaitu Intruksi dalam bahasa pemprograman yang disusun pemprogram / programer untuk dikerjakan komputer.
Klasifikasi software dapat dibedakan dua jenis, yaitu

1.      Software System
           Yaitu software yang sangat penting merupakan program yang mengontrol dan
           mengatur seluruh kegiatan prosesing didalam system. Contoh software system :
           Ms-Dos, IBM-Dos, BOS ( Basic Operating System ), TOP ( Take Operating System )
           OS / VS ( Operating System / Virtual System ), Windows, Linux, Android Dll.

2.      Software Aplikasi
           Yaitu software yang memiliki aktivitas pemrosesan perintah yang diperlukan untuk
           melaksanakan permintaan pengguna dengan tujuan tertentu.
           Contoh software aplikasi : Google, Facebook, Twitter, Antivirus, Game, Oracle, Dll.

Dalam pembuatan software dikembangkan dengan bahasa pemprograman, yaitu

      - High Level Language ( HLL )
         contoh : Basic, Fortron, Pascal, C, Java, PHP, Java Script, VB, Dll.

      - Intermediate Level Language ( ILL )
         contoh : Auto Coder, Assembler, SPIM

      - Low Level Language ( LLL )
         contoh : Machine Language.

Perangkat lunak mengalami perkembangan yang signifikan

      - Era 1 ( 1950 - 1974 )
         orientasi batch, distributor terbatas

      - Era 2 ( 1964 - 1974 )
         multiuser, real team, DBMS, product software

      - Era 3 ( 1973 - 1988 )
         terdistribusi, embedded intelligence, low cost software

      - Era 4 ( 1986 - 2000an )
         desktop oriented, object technology, expert sistem


http://novianade.blogspot.com/2013/07/komponen-penyusun-komputer-dan.html diakses pada 10 September 2014